Senin, 09 Maret 2009

Pengertian TCP/IP



Transmisi Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), digabung disebut TCP/IP, yang dasarnya dikembangkan utk US Departement of Defense (DOD), Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) pada akhir tahun 1960 dan awal 1970. Banyak peneliti dari DOD bekerja pada Universitas yang segera mengadopsi teknologi ARPANET pada jaringan mereka. Jaringan Berdasarkan pada TCP/IP akhirnya terlibat dalam Internet.
Kebanyakan dari service yang berasosiasi secara normal dengan internet mengirimkan melalui TCP IP. Service ini meliputi transfer file melaui File Transfer Protocol (FTP), login remote melalui protocol Telnet, distribusi surat elktronik melalui Simple Mail Transfer Protocol (SMPTP) , dan mengakses halaman web melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP). TCP IP bergabung menjadi jaringan pribadi bersama membentuk internet dan World Wide Web.
Layer Protocol TCP/IP kurang berhasil berkorespondensi dengan OSI Model. IP sulit menyamai ke OSI Data Link, network, dan Transport Layer. TCP sulit menyamai OSI Session Layer. IP menyediakan paket routing dan service forwarding ke Layer Jaringan yang lebih tinggi. IP tidak tergantung pada layer jaringan fisik dan secara efektif menyembunyikan dari layer diatasnya. Sebuah IP Layer adalah implementasi untuk virtuallayer jaringan fisik. IP menerima paket yang disebut datagram dari TCP dan Protocol Session Layer lainnya. IP menterjemahkan datagram kedalam sebuah format yang cocok untuk transport oleh jaringan fisik. Jika sebuah datagram lebih besar dari fisikal layer data transfer Unit. Sebagai contoh, sebuah paket Ethernet – maka IP layer memisahkan datagram kedalam bagian unit dan mentransmisikan secara individual. IP menghubungkan informasi header ke setiap unit, termasuk urutan dalam data gram. IP Layer pada saat menerima merakit ulang unit pada urutan sebetulnya dan mengirimkan datagram ke TCP.
IP diasumsikan bahwa datagram akan melintasi jaringan ganda melalui titik koneksi yang disenbut gateway. Yang menentukan rute transmisi melalui jumlah protocol yang berhubungan termasuk Internet Control Message Protocol (ICMP) dan Routing Informaation Protocol (RIP). Sebuah gateway adalah beberapa titik koneksi yang terkonek di dua atau lebih jaringan atau Segment Jaringan.. Sebuah gate way mungkin secara fisik diimplementasikan sebagai sebuah workstation, server, hub, bridge , router, atau switch.

0 komentar:

Poskan Komentar

isi komentar

 

About Me

Muhammad Subhan
Lihat profil lengkapku

Musik

blog cuban Copyright © 2009 Community is Designed by cuban