Selasa, 10 Agustus 2010

Antara flow rate dan pressure angin kompresor

Antara flow rate dan pressure angin kompresor

Dalam kunjungan sehari-hari ke klien, biasa saya temui kesalahan persepsi tentang kebutuhan konsumsi angin kompresor bagi semua alat pneumatic, biasanya operator selalu berpatokan pada tekanan yang dapat dihasilkan oleh kompresor angin, satuan dalam BAR atau PSI.

Persyaratan yang paling utama untuk menjalankan sebuah pneumatic tools adalah tersedianya jumlah liter per menit angin kompresor yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhkan pneumatic tools tersebut, sedangkan berapa BAR tekanan adalah faktor kedua. Saya sebut sebagai faktor kedua dikarenakan kompresor terkecil sekalipun akan dapat menghasilkan tekanan sebesar minimal 7 BAR tetapi perbedaan yang mencolok antara kompresor 1,5 HP dengan kompresor 15 HP adalah kemampuan memproduksi angin (flow rate) dalam satuan Liter Per Minute (LPM) atau Cubic Foot Minute (CFM) nya, sedangkan Persamaannya adalah keduanya dapat menghasilkan tekanan 7 BAR.

Sering kali klien kami mengeluhkan performance produk EXAIR yang kami supply, dikatakan bahwa kondisinya tidak seperti ketika dilakukan demonstrasi produk dari ini, tetapi ketika saya berkunjung untuk melihat kondisi yang dikeluhkan tersebut dan selalu saya terkejut dengan kesalahan di lapangan mengenai pengertian antara volume dan tekanan angin kompresor yang dibutuhkan, hal-hal yang terjadi adalah :

1. Operator memakai ukuran selang dengan ukuran yang lebih kecil dari inlet produk EXAIR yang dipergunakan, hal ini dilakukan dengan pemikiran bahwa jika semakin besar selang yang dipakai maka konsumsi anginnya akan semakin besar, pengertian yang sangat salah dikarenakan kapasitas maksimum konsumsi angin kompresor untuk produk EXAIR ini sudah tercantum jelas dalam literatur yang dipublikasikan, jadi sebesar apapun selang yang anda gunakan tidak akan memperbesar konsumsi angin yang diperlukan, tetapi semakin besar tekanan angin yang anda berikanlah yang akan semakin memperbesar konsumsi anginnya dan berakibat semakin besar kemampuan prosuk EXAIR ini.
2. Operator hanya berpatokan bahwa tekanan angin kompresor di pabrik mereka sudah memenuhi besaran kebutuhan tekanan yang disebutkan dalam literatur produk EXAIR, tetapi mereka melupakan kondisi seperti yang saya sebutkan diawal penulisan ini yaitu kompresor terkecilpun akan dapat memenuhi kebutuhan tekanan yang diperlukan tetapi TIDAK memenuhi kebutuhan Volume angin yang dibutuhkan.
3. Operator tidak menyadari bahwa telah terjadi penambahan pemakaian pneumatic tools lainnya yang berarti penambahan konsumsi volume angin yang ada, padahal banyak pabrik yang sudah mengoperasikan secara maksimum hampir semua kompresor angin yang dimilikinya dan ini berakibat langsung terhadap penurunan performance pneumatic tools yang sangat bergantung pada supply volume angin seperti pada produk EXAIR ini.
4. Banyaknya pemborosan pemakaian angin kompresor yang tidak diperhatikan, contoh yang paling mudah ditemukan adalah pemakaian Air Duster atau Air Gun yang umumnya sangat besar dalam mengkonsumsi angin kompresor beberapa bahkan bisa mengkonsumsi hingga 1.000 Liter per Menit hanya untuk 1 buah Air Duster atau Air Gun saja (itu sama dengan seluruh kapasitas kompresor angin 10 HP), bahkan saya pernah menemui aplikasi pembersihan dengan menggunakan angin kompresor yang keluar dari selang 1/2″ yang terbuka, dapat dibayangkan berapa besar konsumsi angin kompresor yang dibuang begitu saja.
5. Banyaknya kebocoran angin kompresor yang tidak diperbaiki, baik itu kebocoran yang dapat terdengar maupun kebocoran ultrasonic yang tidak terdengar, sebagai contoh bahwa satu kebocoran ultrasonic sebesar 1,6mm akan mengkonsumsi angin kompresor sebesar 108 LPM, kebocoran ultrasonic ini dapat terjadi pada sambungan pipa atau sambungan selang pneumatic, berapa banyak sambungan selang pneumatic yang ada di pabrik anda ?.

Semua hal tersebut diatas sering kali tidak diperhatikan oleh operator jika hanya berpegang pada pengertian tekanan angin kompresor yang dapat dihasilkan, tetapi jika kita mulai memperhatikan berapa besar sisa volume angin (floa rate) yang masih tersedia maka dapat saya pastikan bahwa operator akan mulai berpikir untuk efisiensi pemakaian angin kompresor, EXAIR mempunyai produk yang mendukung efisiensi pemakaian angin kompresor.

13 komentar:

Unknown on 21 November 2012 pukul 11.52 mengatakan...

Maaf mau tanya donk.kalo minta rumusnya boleh ga?rumus dari 1 hp tu ktemunya berapa kg?

Anonim mengatakan...

mas brow mau nanya donk untuk mencari kecepatan udara kompressor yang bergerak di dalam selang berdiametr 6mm dan suhu ruangan sekitar 27derajat C apa ya rumusnya mas brow??
tolong jawabannya di email ke alamat januar.amrodji@rexplast.co.id
makasih
M Januar Amrodji

menjadi baru on 20 Maret 2017 pukul 11.47 mengatakan...

Kalau di bikin buat pompa air , kecepatan tekanannya jadi brapa ya?

Unknown on 20 Juli 2017 pukul 10.12 mengatakan...

Rumus untuk mengetahui pemakaian angin setiap mesin bagaimana

Unknown on 12 Desember 2017 pukul 16.50 mengatakan...

boleh minta rumusnya ng

acong on 22 Januari 2018 pukul 23.16 mengatakan...

Kalo untuk pipa 3/4" sepanjang 30 meter, kita pake nya kompresor yang kapasitas berapa bar gan. Trims

acong on 22 Januari 2018 pukul 23.20 mengatakan...

Aliran udara dalam Pipa 3/4" panjang 30 meter dengan tekanan akhir 8 bar,pakenya kompresor kapasitas berapa HP / bar gan. Trims

acong on 22 Januari 2018 pukul 23.20 mengatakan...

Aliran udara dalam Pipa 3/4" panjang 30 meter dengan tekanan akhir 8 bar,pakenya kompresor kapasitas berapa HP / bar gan. Trims

acong on 22 Januari 2018 pukul 23.21 mengatakan...

Kalo untuk pipa 3/4" sepanjang 30 meter, kita pake nya kompresor yang kapasitas berapa bar gan. Trims

Unknown on 3 Februari 2018 pukul 12.45 mengatakan...

Kompresor sy tangki 230 liter ,8 bar, setelah di pakai mesin jalan 4 menit, jd 6 bar. Jd brp pemakaian angin mesin sy? Dan jika ingin jalan 3 mesin, bagaimana atasi dgn kompresor yg ada skrg 8 liter pd 230 Liter tangki.

word on 15 Oktober 2018 pukul 14.43 mengatakan...

1100 kcal/hr total reject heat jadi memerlukan berapa cfm cap. exhause fannya..??

CMN Kompresor on 18 September 2019 pukul 13.39 mengatakan...

Permisi admin. ikut membantu boleh?
silahkan jaukan pertanyaan ke yon.marketing@gmail.com seputar kompresor.

Anonim mengatakan...

Bagaimana cara menghitung kebutuhan angin per mesin nya..??

Posting Komentar

isi komentar

 

About Me

Musik

blog cuban Copyright © 2009 Community is Designed by cuban